PERAN PEREMPUAN PESISIR DALAM MENGOLAH SAMPAH PLASTIK UNTUK MENUNJANG EKONOMI RUMAH TANGGA DAN KEBERLANJUTAN SUMBERDAYA PERIKANAN DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR


Mardiyah, Nisfah Ainun (2021) PERAN PEREMPUAN PESISIR DALAM MENGOLAH SAMPAH PLASTIK UNTUK MENUNJANG EKONOMI RUMAH TANGGA DAN KEBERLANJUTAN SUMBERDAYA PERIKANAN DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041171003_skripsi cover1.jpg

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041171003_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041171003_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041171003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nisfah Ainun Mardiyah L041 17 1003. “Peran Perempuan Pesisir Dalam Mengolah Sampah Plastik Untuk Menunjang Ekonomi Rumah Tangga Dan Keberlanjutan Sumberdaya Perikanan Di Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar” dibimbing oleh Amiluddin sebagai pembimbing utama dan Andi adri Arief sebagai pembimbing anggota.
Kehadiran perempuan sebagai salah satu potensi pembangunan dirasakan sudah sangat mendesak karena pada saat sekarang bangsa Indonesia sedang berada pada suatu momentum yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan perilaku dalam mengelola sampah plastik untuk keberlanjutan sumberdaya perikanan, dan dinamika pengelolaan dan peran perempuan pesisir dalam pengolahan sampah plastik serta mengetahui seberapa besar kontribusi peran perempuan pesisir dalam mengolah sampah plastik untuk menunjang ekonomi rumah tangga. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Agustus Tahun 2020 di Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar. Penentuan responden menggunakan teknik secara sensus, dengan menentukan kesemua jumlah informan berdasarkan keterlibatan kelompok perempuan pesisir dalam mengolah sampah dengan pertimbangan dan tujuan yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal sebanyak 30 orang. Adapun analisis data dengan menggunakan Analysis Pendapatan Rumah Tangga dan Kontribusi serta Skala likert, dimana menganalisis data secara interaktif dan menggunakan bantuan kuisioner. Dari hasil penelitian ditemukan adanya persepsi dan perilaku perempuan pesisir dalam mengolah sampah plastik dan terjadinya dinamika pengelolaan sampah plastik sehingga perempuan pesisir memiliki kontribusi dalam pendapatan rumah tangga dan keberlanjutan sumberdaya perikanan.
Kata Kunci: Peran perempuan pesisir, pengolahan sampah plastik, pendapatan, kontribusi, persepsi dan perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:01
Last Modified: 02 Nov 2021 06:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item
View Item