PENGARUH PEMBERIAN HORMON PERTUMBUHAN REKOMBINAN IKAN KERAPU KERTANG MELALUI PERENDAMAN DAN PAKAN TERHADAP RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) DAN SINTASAN BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)


Lukman, Nurul Azzahra (2021) PENGARUH PEMBERIAN HORMON PERTUMBUHAN REKOMBINAN IKAN KERAPU KERTANG MELALUI PERENDAMAN DAN PAKAN TERHADAP RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) DAN SINTASAN BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171521_skripsi cover1.jpg

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171521_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171521_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171521_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nurul Azzahra Lukman. L031 17 1521 “Pengaruh pemberian hormon pertumbuhan rekombinan ikan kerapu kertang melalui perendaman dan pakan terhadap rasio konversi pakan dan sintasan benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus)” dibimbing oleh Andi Aliah Hidayani sebagai Pembimbing Utama dan Asmi Citra Malina sebagai Pembimbing Anggota.
Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak di minati masyarakat, karena kandungan protein yang dimiliki cukup tinggi yaitu 55,58%. Salah satu permasalahan dalam budidaya ikan nila yaitu kebutuhan pakan yang sangat tinggi, sementara pakan yang dapat dikonversi hanya 25% selama proses pemeliharaan dan yang lainnya terbuang sebagai limbah. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan pakan Recombinant Growth Hormone (rGH). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh berbagai metode pemberian pakan rGH pada benih ikan nila (O.niloticus) yaitu perendaman, pakan (boosting oral), dan kombinasi perendaman dan pakan rGH (boosting oral) terhadap nilai rasio konversi pakan (FCR) dan sintasan. Hewan uji yang digunakan yaitu benih ikan nila dengan ukuran 2-3 cm sebanyak 480 ekor dengan pemeliharaan 40 hari. Selama pemeliharaan hewan uji diberi pakan buatan komersial dengan dosis 5% dari bobot tubuh. Pembuatan larutan rGH, pembuatan larutan rGH menggunakan larutan Nacl 0,95% sebanyak 1 L dan pasta rGH sebanyak 1 g. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dengan masing-masing 3 kali ulangan, yaitu perlakuan A (kontrol), perlakuan B (perendaman larutan rGH), perlakuan C (pakan rGH boosting oral), dan perlakuan D kombinasi (perendaman + pakan rGH boosting oral). Data analisis dengan ANOVA menunjukkan bahwa pemberian rGH memberikan hasil yang terbaik pada perlakuan D kombinasi yaitu perendaman + pakan rGH (boosting oral), dimana rasio konversi pakan (FCR) sebesar 0,77±0,02 dan sintasan sebesar 92,50%. Kualitas air pada media pemeliharaan terdapat pada kisaran yang layak untuk ikan uji.
Kata kunci: Ikan nila (Oreochromis niloticus), recombinant Growth Hormone (rGH), rasio konversi pakan (FCR), sintasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:10
Last Modified: 02 Nov 2021 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item
View Item