PENGARUH SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BARONANG LINGKIS (Siganus canaliculatus Park, 1797) YANG DIBERI PAKAN RUMPUT LAUT (Gracilaria changii)


Bestari, Aprilianti Dewi (2021) PENGARUH SALINITAS TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN BARONANG LINGKIS (Siganus canaliculatus Park, 1797) YANG DIBERI PAKAN RUMPUT LAUT (Gracilaria changii). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171516_skripsi cover1.jpg

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171516_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171516_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171516_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Aprilianti Dewi Bestari. L031 17 1516. Pengaruh Salinitas Terhadap Pertumbuhan Ikan Baronang Lingkis (Siganus canaliculatus Park, 1797) Yang Diberi Pakan Rumput Laut (Gracilaria changii) Dibimbing oleh Hasni Yulianti Azis sebagai Pembimbing Utama dan Ambo Tuwo sebagai Pembimbing Anggota.
Produksi ikan baronang lingkis Siganus canaliculatus yang masih rendah dan fluktuasi harga yang tinggi dari rumput laut Gracilaria changii yang dipelihara di tambak, merupakan peluang pengembangan budidaya secara multitrofik antara ikan baronang lingkis S. canaliculatus dan rumput laut rumput laut G. changii. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh salinitas terhadap pertumbuhan dan konversi pakan ikan baronang lingkis S. canaliculatus yang diberi pakan rumput laut segar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 dengan menggunakan bak fiber sebanyak sembilan buah dan masing-masing diisi dengan air setinggi 35 cm dengan volumen 770 liter. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan tiga perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan adalah tiga salinitas berbeda, yaitu 35 ppt, 30 ppt dan 25 ppt. Selama pemeliharaan diberi pakan alami berupa rumput laut G. changgi. Metode pemberian pakan dengan cara adlibitum, kondisi ketersediaan pakan (rumput laut) dicek setiap hari. Jika jumlah rumput laut berkurang, maka dilakukan penambahan. Penimbangan sisa pakan dilakukan pada akhir penelitian. Lama pemeliharaan adalah 60 hari agar ikan baronang tumbuh cukup signifikan. Parameter yang diukur adalah mengukur pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang harian, pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan berat harian, rasio konversi pakan dan kualitas air. Uji normalitas dilakukan untuk menilai apakah sebaran data berdistribusi normal atau tidak. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Nilai rata-rata pertumbuhan panjang dan berat dianalisa dengan menggunakan analisis Anova satu faktor dengan menggunakan SPSS. Anova digunakan untuk data yang berdistribusi normal. Uji Anova ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai rata-rata berbeda secara nyata atau tidak pada tiga perlakuan salinitas. Data yang tidak berdistribusi normal diuji dengan menggunakan uji Kruskal Wallis Statistik Non Parametrik dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pertumbuhan panjang mutlak dan panjang relatif ikan baronang lingkis S. canaliculatus tidak berbeda secara nyata antar semua perlakuan salinitas; (2) Pertumbuhan berat total dan harian relatif ikan baronang lingkis S. canaliculatus juga tidak berbeda secara nyata; (3) Konversi rumput laut G. changii ke ikan baronang lingkis S. canaliculatus tidak berbeda secara nyata antar semua perlakuan salinitas. Parameter kualitas air selama penelitian mendukung untuk kehidupan ikan baronang lingkis S. canaliculatus. Hal penelitian ini menunjukkan bahwa variasi salinitas dari 25 sampai 35 ppt cukup baik untuk pertumbuhan ikan baronang lingkis yang diberi pakan berupa rumput laut.
Kata kunci: Ikan baronang, Siganus canaliculatus, Gracilaria changii, salinitas, pertumbuhan, konversi pakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:10
Last Modified: 02 Nov 2021 06:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10071

Actions (login required)

View Item
View Item