Path: Top >> Disertasi

IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ACHIEVEMENT THROUGH LOCAL HISTORY DRAMA OF ”LAMUNG PATUE RI TOPEKKONG” ( A STUDY AT MUHAMMADIYAH INSTITUTION IN SINJAI)

2015
Tesis/Master Theses from / 2015-12-18 10:13:06
Oleh : MUHAMMAD SYUKRI
Dibuat : 2015-12-18, dengan 0 file

Keyword : Drama sejarah lokal, Keterampilan berbicara, Metode Gabungan, Efektifitas peningkatan, dan Pengintegrasian.

Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui bagaimana pengintegrasian drama sejarah lokal dapat meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sinjai.Jenis penelitian ini, yaitu gabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Objek penelitian, yaitu mahasiswa tahun pertama pada perguruan Tinggi Muhammadiyah Kabupaten Sinjai sebanyak 75 mahasiswa. Mereka berasal dari perguruan tinggi dibawah naungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sinjai, yakni STAIM Sinjai, STISIPM Sinjai, dan STIP Muhammadiyah Sinjai masing-masing sebanyak 25 mahasiswa. Sebelum diberikan perlakuan (treatment) sebanyak enam kali, mereka diberikan tes awal (pretest), dan sesudah itu diberikan tes akhir (posttest). Instrument yang digunakan, yaitu kuesioner dan teks drama. Data dianalisis dengan means score dan T test (T-Hitung).Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa secara signifikan melalui media drama dengan pendekatan sejarah lokal yang terlihat melalui perubahan dari nilai cukup baik menjadi baik dan sangat baik,. Hal ini ditunjukkan pula melalui hasil tes awal dengan nilai rata-rata 6,63 meningkat menjadi 7,88 dengan kategori baik (8.05>6.80) dan standar deviasi 0,47 pada tes awal dan 0,62 pada tes akhir. Sementara nilai T test yaitu (-18,90) dengan uji probabilitas (-1,666). Sehingga nilai T hitung dari (0.05) adalah -18.90 < -1,666 yang berarti Ho ditolak. Dengan kata lain, ada perbedaan secara signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir melalui pengintegrasian drama sejarah lokal untuk peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa.

Deskripsi Alternatif :

The objective of the research was to find out how to integrate Local History Drama to improve students‟ speaking achievement at Muhammadiyah Institution in Sinjai.The research employed a mixed quantitative and qualitative approach. The object of the research were 75 first year students of Muhammadiyah Institution in Sinjai regency divided into three classes: 25 at STAIM Sinjai, 25 at STISIPM Sinjai, and 25 at STIPM Sinjai. Before conducting the treatment pre-test was administered, and post-test was administered after the treatment. The instruments were questionnaire and Drama Text. The data were analyzed with scoring and t-test formula.The research results indicated that students‟ speaking achievement through the integration of local history drama were significantly improved. The result of pretest indicated an average of 6,63 (fairly good) increased to 7,88 was categorized (good) in between (8.05>6.80). The standard deviation was 0.47 for pre-test and 0.62 for post-test. The T score was ( -18.90) with probability test was (-1,666). The result of T score < t table (0.05) which is -18.90 < -1,666 which means Ho was rejected. There was significant difference between pre-test and post-test gained through the integration of local history drama to improve the speaking achievement of the students. The use of drama techniques approach by integrating local history drama is very effective to improve students‟ speaking achievement at Muhammadiyah Institution in Sinjai. Drama approach with local historical drama strongly encouraged the students‟ interest in learning English, in terms of speaking skill.
Key words: local history drama, speaking achievement, ,mixed method, interest.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

Print ...

Kontributor...


  • Editor: Perpustakaan